Kue Salju wajib ada saat lebaran

kue salju selalu hadir di rumah saat lebaran

Lebaran tinggal 2 minggu lagi, ibuku di rumah sudah sibuk membuat kue kering lebaran. Ya daripada membeli mahal dan rasanya tidak terlalu enak, mendingan bikin sendiri di rumah. Meski terbilang kue sedrhana, tapi resep kue kering ibuku itu paling enak dibanding kue di pasaran. Bukan hanya keluarga yang bilang, tetangga dan teman-teman kami pun ikut berpendapat enak..🙂

Kue salju itu salah satu kue vaforit di rumah, setiap tahun wajib ada selain nastar, keju kastangel, semprit.

Disini aku ingin berbagi resep dengan teman-teman, teringat ada teman kuliah yang ingin belajar bikin kue.

KUE SALJU

Resep di bawah ini menjadi 2 toples kue pada gambar.

  1. Bahan-bahan
  • Mentega Blue Band           500 grm (2 cup kecil)
  • Wisman                                  2 sendok makan
  • Telur                                        5 butir kuningnya saja
  • Tepung terigu                      800 gram
  • Tepung Maizena                 2 sendok makan
  • Vanili                                      2 bungkus kecil
  • Gula tepung                          300 gram

2. Cara Membuat

  • Masukan mentega, wisman, kuning telur, tepung maizena dan vanili kedalam wadah mixer, kocok dengan mixer sampai semua bahan halus dan mengembang.
  • Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu kedalam adonan, aduk hingga rata sampai adonan menjadi kalis dan mudahuntuk dicetak (jangan terlalu lembek dan terlalu keras).
  • Ambil sedikit adonan, simpan di atas plastik bersih untuk diratakan yang kemudian dicetak dengan bentuk cetakan sesuai keinginan.
  • Simpan adonan yang sudah dicetak di atas loyang, panggang di dalam oven sekitar 15-20 menit sampai kue matang (hati-hati jangan sampai warnanya terlalu kecoklatan atau gosong.
  • Siapkan gula tepung di atas wadah yang rata, buat seperti hamparan gula tepung.
  • Ambil kue yang sudah matang dari oven, letakkan satu persatu (supaya tidak patah) ke atas hamparan gula tepung tadi, lumuri kue dengan gula sampai semua kue tertutup oleh gula tepung.
  • Masukkan kue dengan rapi ke dalam toples, sesekali taburkan sedikit gula ke dalam toples seolah-olah kue di dalam toples tersebut seperti tertutup oleh salju.
  • Kue siap di hidangkan saat lebaran.

Semoga bermanfaat dan selamat membuat🙂

ratakan kue di atasplastik bersih kemudian cetak

Letakkan kue yang sudah matang di atas hamparan gula tepung, lumuri dengan gula

Simpan adonan yang sudah dicetak di atas loyang, panggang 15-20 menit

22 responses

  1. bikinin………….. 🙂
    Graduate of Mathematic yang bermimpi ingin menjadi Entrepreneur…..???? semangaaaaat!

    1. coba Ka, udah aku kasih tahu resep nya..🙂
      mkasih..

      1. yisha pengin dibikinin kakaaaaa………….
        *gaya adik manis mode on

      2. gk bakalan aku bikinin.. hehehehe🙂
        tar kaLo ka Yisha udh bikin, kirimin aku kuenya..
        tar aku kasih niLai.. hahaha😀

  2. karena lulusan matematika, berarti bahan – bahan di atas sudah ada rumusnya ya..😀

    *koplak!

    1. jhahaha..
      iya donk..
      kaLau bikin bahan kue gk ada rumusnya,, nanti bisa2 mentega nya 500 gr trus telurnya 50 biji.. banjir tuh adonan..🙂
      maksih udah berkunjung..🙂

  3. Lumayan di coba neh.., tapi pinjamin oven-nya ya mabkyu..😀

    1. iya seLamat mencoba..
      oven/microwave, Lha banyak mas d toko.. hehehe🙂

  4. di rumah saya kalau lebaran jarang ada kue kering😀

    1. wuah,, mesti coba bikin tuh..🙂

      1. eh, ini orang kok ada dimana-mana sih?😀

      2. sebenarnya saya yang bilang gtu puch…..

      3. iya lah..
        saya kesini, eeee ada puch
        saya kesitu ada puch…
        trus saya harus kemanaaa?

      4. tanya saja pada Ayu Ting Ting #loh

      5. nah, trus “rumput yang bergoyang” gmana?

      6. sudah,, sudah jangan bertengkar,
        kan mau lebaran.. hehe🙂

      7. iya ya….

        saling maaf2an yuk…

  5. wah, adik saya pintar bikin ini …..
    🙂

    sekarang mau dicoba sendiri ah …

  6. Aku juga punya resepnya, soalnya enak banget sih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: