Matematika dalam Lingkungan Hidup

Adik aku yang bungsu, sangat benci dengan pelajaran matematika. Kalau diteliti mungkin atau pasti sebagian besar pelajar dari tingkat SD sampai Mahasiswa perguruan tinggi sekalipun akan menjawab matematika ketika diberi pertanyaan mengenai pelajaran yang paling tidak disukai.

Teringat perkataan dosen di sela-sela mata kuliah Matematika Diskrit, beliau memberikan pengetahuan yang harus kami beritahukan pula sebagai motivasi kepada anak didik kami ketika kelak sudah mengajar di sekolah. Sedikit garis besarnya yang masih menempel di otak aku, beliau mengatakan, “Matematika itu penting bagi kehidupan, contohnya dalam mengitung transaksi baik di bank, bisnis atau di perdagangan; menghitung jumlah ubin yang diperlukan untuk suatu bangunan; menghitung luas tanah; … ; dsb. Bahkan Alloh SWT telah menunjukkan ilmu matematika itu pada alam sekitar kita. Lihat saja sarang lebah apabila dilihat menggunakan mikroskop akan terlihat bentuk segienam pada setiap porinya, gunung yang terlihat dari kejauhan akan tampak seperti segitiga (makanya anak SD kalau disuruh gambar pemandangan pasti yang pertama digambar 2 buah seitiga sebagai gunung.. hehehe  pengalaman😀 , dan masih banyak lagi matematika dalam kehidupan kalau kita teliti.

Sebuah taman labirin yang salah satunya ada di Unit Laboratorium Matematika PPPPTK Matematika p4tkmatematika@yahoo.com Yogyakarta (menjadi salah satu tempat tujuan kami ketika study tour 2009 ke Yogyakarta), taman labirin itupun di ambil dari Teori Graf yang ada di matematika. Graf pertama muncul pada tahun 1736 ketika Leonhard Euler mencoba menyelesaikan masalah jembatan Konigsberg. Pantes dari aku TK setiap buku majalah pasti di halaman belakangnya ada anak kecil yang mau buang sampah atau pergi ke suatu tempat dengan di berikan 3 jalan. Pertanyaanya “Harus lewat jalan manakah yang lebih cepat untuk sampai ke tempat tujuan??”

Dalam buku Tim MKPBM (2001:28) “Matematika adalah ratu atau ibunya ilmu”. Dimaksudkan bahwa matematika adalah sumber dari ilmu yang lain, karena banyak ilmu-ilmu yang penemuan dan pengembangannya bergantung dari matematika. Serasa sedang bikin skripsi lagi.. hehehe🙂

Maka dari itu, kepada adik-adik dan rekan-rekan semua yang ingin pintar di semua pelajaran/ilmu pengetahuan, yuk kita sama-sama senangi dan cintai dulu mata pelajaran matematika di sekolahnya.. hehe

Tips supaya kita bisa menyenangi pelajaran matematika, kita harus terlebih dahulu menyenangi, menyukai, dan mencintai guru matematikanya. Kan kalau udah senang sama gurunya, pasti jadwal pelajaran matematika itu akan selalu di tunggu karena kangen sama guru matematikanya yang tentunya pada baik hati semua.. hehehehe😀

10 responses

  1. Makannya nanti jadi guru yang disukai muridnya dulu kayaknya mba. Mengingat matematian -eh matematika maksudnya sudah jadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. hehe

    1. betul mas..
      iya mudah2an suatu saat nanti aku bisa jadi guru seperti itu..😀 ..

  2. Hihi. Di satu sisi, saya malah sudah meninggalkan dunia IPA dan matematika. Bukan karena apa-apa, banyak yang kurang saya pahami.😀

    Saya memang jelas-jelas butuh guru yang cantik, eh, guru yang baik dan mengerti kemampuan murid seperti saya ini Mbak😛

    1. hah, meninggaLkan dunia IPA dan Matematika??
      trus kaLau Mas nya mau ngitung uang sama miLih2 makanan yg sehat pakai dunia apa donk?? hehehe😀

      1. Meninggalkan dunia akademik-nya Mbak. Hihi. Kalau masalah penggunaan dan aplikasi dari ilmunya sih masih terasa sampai sekarang.😉

      2. owh gtu..
        aku pikir.. hehe😀

  3. kalau saya, saya masuk kuliah jurusan fisika karena saya ga suka fisika. saya ga suka fisika karena guru jaman SMP atau SMA ga pernah enak pas nerangin, jadi saya tekad saya pingin bisa fisika biar ga ada lagi yang kesusahan fisika kayak saya:mrgreen:

    1. wuih keren, berani ngambil kuliah yg gk suka kmu sndirinya..
      kirain di aku aja ada cerita fisika sprti itu..😀
      aku suka mtmtka, tp sampai sekarang gk sanggup kalau dikasih soal fisika.. hehe😀

      1. matematika itu sastranya sains mbak😀

      2. waduh, penggemar rumus2 lagi diskusi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: