Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2011/2012)

ABSTRAK

 

ANGGITA DAMAYANTI. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2011/2012). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Kemampuan komunikasi matematik adalah salah satu kemampuan dasar pembelajaran matematika dalam membaca, memahami, menjelaskan, dan menyatakan suatu masalah ke dalam bahasa matematik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dengan belajar dan bekerja sama untuk memecahkan permasalahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik dan mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak menurut kelas dari seluruh populasi dan terpilih kelas VII-F sebagai kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang berjumlah 42 orang, serta kelas VII-E sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran langsung yang berjumlah 41 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematik dan angket respon peserta didik. Tes kemampuan komunikasi matematik dilaksanakan setelah seluruh proses pembelajaran selesai untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Angket hanya diberikan kepada kelas eksperimen sebanyak satu kali di akhir proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis diperoleh simpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah positif.

2 responses

  1. bu boleh pinjem buku tentang model pembelajaran tipe TPS ga bu ?? sekiranya bisa membantu, besar harapan . .terimakasih sebelumnya, buat referensi

    1. TPS saya ambil dari buku:
      Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana.

      Sanjaya, Wina.(2010).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : PRENADA MEDIA

      Slavin, Robert E. (2010).Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media

      Trianto. (2011).Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta:Prestasi Pustaka.

      di postingan saya https://anggitaata.wordpress.com/2012/08/27/pengertian-model-pembelajaran-kooperatif/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: