Aku dan Kue

Ibuku pinter banget bikin kue, dari kue kering sampai kue basah.Sayangnya sampai lulus SMA aku belum diperbolehkan untuk memegang mixer. Ya, aku hanya dapat tugas ceplokin cetakan dan molesin kue pakai kuning telur.Tak terpikirkan olehku untuk kursus bikin kue di tempat lain.Buat apa kursus, kalau ada niat ingin bisa kan tinggal minta diajarin sama ibu. Saat libur kuliah semester 4, ibu nawarin aku buat ikut kursus kue di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar). Ternyata bukan hanya belajar bikin kue, tapi juga menghias kue tart (garneer kue) atau Cake Decoration.

    Awalnya hanya ingin ngisi waktu libur kuliah yang kurang lebih dua bulan itu. Pertama masuk aku belajar menutupi bagian bawah loyang sebagai cake dengan butter, hingga akhirya aku bisa sampai menghias cake asli bukan belakang loyang. Ya, meskipun msih belum rapi sempurna. Dua bulan berlalu, kuliah semester 5 sudah dimulai, tapi aku masih ingin memperdalam ilmu kue ku. Siap, aku menjalani keduanya, meskipun harus bulak-balik ke SKB dan kampus yang masing-masing tempat harus ditempuh dengan 2x angkot.

      Aku senang menjalani keduanya, hingga saat aku akan menyelesaikan kursus itu dengan ikut ujian di tempat kursus, ternyata jadwal ujian di SKB bertepatan dengan UTS di kampus. Beruntung masih ada jeda waktu antara Ujian di SKB dan UTS di kampus, dan materinya pun sama tentang kewirausahaan, jadi satu hafalan buat dua ujian.
      Jam 8 pagi aku sudah tiba di SKB dengan membawa Cake ukuran 22cm x 22cm di dalam dus, perabot dan bahan-bahan untuk menghias cake dalam kantong besar, tak lupa bawa tas berisi kertas-kertas, pulpen, dompet dan keperluan lainnya untuk ke kampus. Satu jam lebih berada di SKB untuk ujian tulis dan sedikit menutupi Cake. Jam 9.30 aku pamit pada penyelenggara ujian praktik untuk pergi ke kampus sebentar, beruntung seragam ujian nya sama putih hitam jadi gak perlu ganti baju dulu.

        Pertama kalinya aku kesiangan masuk ruang ujian, meskipun sebenarnya dosen masih membagikan kertas ujian. Satu jam aku mengerjakan soal UTS di kampus, tengok kanan kiri hingga dosen menghampiriku. Sudah selesai mengisinya?! Sudah bu. Masih ada ujian lagi?! Tidak bu. Ya sudah kamu boleh keluar duluan. Baik bu.
        Kampus menuju SKB harus aku tempuh dengan 2x angkot lagi, sampai di SKB dengan nafas masih ngos-ngosan, aku melihat ibu-ibu peserta ujian praktik kue sudah keluar ruangan. Sebenarnya aku ingin beristirahat dulu, tapi Cake sudah menanti untuk di dandani.

          Jam 2 siang Cake sudah terlihat cantik, Lihatin ke guru, beresin barang-barang dan Cake, pamitan ke guru, pulang ke rumah. Gak ada yang bisa jemput, terpaksa aku harus naik 2x angkot lagi untuk pulang ke rumah dengan setumpuk barang yang sudah ternoda butter dan Cake yang sudah dihias. Rasa cape berubah menjadi bangga ketika sampai di rumah dan memakan kue hasil karyaku bersama keluarga.

11 responses

  1. pasti cape banget….
    kuenya pasti enak, jadi pingin kue ne hehe

    1. cape, tapi seneng..
      pingin kue?? bikin z ataw beli d toko.. hehehe๐Ÿ˜€

      1. mau tar malam mo bikin hehe….

      2. bikin kue sambil takbiran.. he

      3. ngak (aduh saya panggilnya apa ya ?).
        tepatnya takbiran sambil bikin kue hehe

  2. wah, kalo ujian bikin kue gini, risikonya kenyang ya… ๐Ÿ™‚
    salam kenal mbak..

    1. iya mba, tp nafsu makan nya psti berkurang karena cape dan kenyang duluan pas lagi bikinnya.. hehe๐Ÿ˜€
      salam kenal juga mba, makasih sudah berkunjung ke blog saya yang tulisannya masih berantakan ini..๐Ÿ™‚

  3. Waw, cake decoration. Butuh imajinasi tinggi pastinya tuh ya mba?

    1. banyak contoh dari buku dan internet.. hehe

  4. minta infonya dong teh tentang pendaftaran SKB sama alamat lengkapnya,tolong di bantu ya๐Ÿ™‚ terimakasih sblmnya

    1. waktu saya sih SKB nya msih d jln Ir. H. Juanda, Komplek perkantoran Kota Tasikmalaya.
      tapi katanya sekarang sudah pindah ke Singaparna.
      Adapun SKB kota di daerah Tamansari dekat SMPN 15 Kota Tasikmalaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: