Sekuntum Bunga Berwarna Kuning Cerah

bunga berwarna cerah yang tiba-tiba muncul di pinggir kolam ikan depan rumah

Sore ini ketika kami sedang asyik berkumpul di depan rumah, tiba-tiba saya merasa aneh melihat ada sekuntum bunga berwarna kuning cereh di pinggir kolam. Pohon yang terlihat masih kecil dan pendek itu memiliki satu tangkai bunga yang ukurannya melebihi bunga aster yang sering kujumpai.

Mungkin itu bunga aster atau randamidang yang dulu tumbuh subur di halaman rumah nenek. Bukan, randamidang pohon dan daunya tidak seperti itu, mulutku tak berhenti mengomentari bunga yang muncul seolah-olah tidak melewati masa kuncup itu. Tidak ada satu pun bunga yang indah tumbuh di pinggir kolam ikan itu. Hampir tiap tiga bulan sekali ibuku menyuruh orang untuk membersihkan rumput yang tumbuh subur disana. Hanya rumput dengan berbagai jenis dan pohon pisang yang tak pernah berbuah yang aku lihat di depan rumah. Bunga apa itu??

Sarangenge, celetuk ibuku. Sarangenge adalah sebutan untuk bunga matahari. Aku tak percaya kalau ada bunga matahari yang tiba-tiba tumbuh di tempat seperti tempat tinggal aku ini. Ibuku menyimpulkan itu bunga matahari karena terlihat dari bentuk daunnya. Bapakku juga bilang kalau itu bunga matahari. Dulu juga sewaktu kecil teman bapakku sering membuat kuaci sendiri dari bunga matahari yang ada disekitar rumah.

Setelah aku cari tahu di mbah google, tepatnya sebelum aku buat postingan ini, ternyata bunga matahari itu selalu menghadap ke arah matahari. Lha, bunga yang tumbuh di pinggir kolam itu kok menghadap ke selatan. Matahari kan terbit dari timur dan terbenam dari barat.

Aku ingin melihat bunga itu dari dekat, tapi tempatnya yang sulit untuk aku jangkau sendiri membuat aku mengurungkan niatku. Bunga apa yang berwarna cerah dan tiba-tiba muncul hanya sekuntum pada pohon yang masih kecil itu?! Apapun jenis bunga itu, mudah-mudahan dia berumur panjang supaya kelak aku bisa menanamnya kembali di sekitar rumah.

Berkas:Sunflower sky backdrop.jpg

Bunga Matahari

6 responses

  1. setahu saya bunga matahari itu tinggi mbak Git… kho ini masih pendek/kecil udah berbunga…

    1. iya puguh kang..
      aku juga baru pertama kali Lihat pohon kecil udah tumbuh bunga meski hanya sekuntum, indah pula..

  2. jadi pengen lihat randa midang nih…………..!!
    salam kenal

    1. randa midang, kan udah aku Link..
      buka saja linknya ke google..😀
      makasih sudah berkunjung..
      salam kenal juga..

  3. Bunganya cantik ya…kalo yang dibawah memang bunga matahari tapi kalo 4 foto yang diatas bunga apa yaa…?

    1. Justru itu pertanyaan saya..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: